Pengenalan Bahasa Python Untuk Pemula

Belajar Python
Python merupakan bahas pemograman tingkat tinggi (high level language) yang dikembangkan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1989 dan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1991. Python lahir atas dasar keinginan untuk mempermudah seorang programmer dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cepat. Python dirancang untuk memberikan kemudahan yang sangat luar biasa kepada programmer baik dari segi efisien waktu, maupun kemudahan dalam pengembangan program dan dalam hal kompatibilitas dengan sistem. Python bisa digunakan untuk membuat program standalone dan pemrograman skrip (scripting programming).

Mari kita bahas beberapa kelebihan Python yang membuat Anda merasa tertantang untuk mengenal lebih jauh tentang bahasa pemrograman ini. Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari Python:


Mudah digunakan (easy to use)


Tujuan utama suatu bahasa pemrograman adalah untuk menjembatani antara apa yang ada dalam pikiran manusia dengan komputer. Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang dikenal dan banyak digunakan seperti C++, C#, dan Java. Bahasa- bahasa tersebut merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang berarti bahwa mereka lebih dekat dengan bahasa manusia dibandingkan dengan bahasa mesin. Walaupun bahasa-bahasa pemrograman tersebut, termasuk Python sama-sama tergolong dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, akan tetapi Python lebih mudah dipahami dan dipelajari karena perintah-perintah yang digunakan benar-benar mendekati bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari daripada bahasa-bahasa tingkat tinggi lainnya.

Pemrograman menggunakan Python jauh lebih cepat dan lebih pendek dibangdingkan menggunakan C++ dan Java. Perbandingan tersebut dapat dilihat ketika anda ingin membuat program sederhana untuk menghitung penjumlahan dua buah bilangan integer. Jika Anda membuat program dengan C++ ataupun Java, maka anda memerlukan 3 variabel dimana 2 variabel digunakan untuk menyimpan bilangan integer yang akan dijumlahkan dan 1 variabel akan digunakan untuk menyimpan hasil dari penjumlahan bilangan tersebut.

Berikut ini adalah contoh kode sumber C++:


#include<iostream.h>#include<conio.h>int main() ( int a, b, hasil;     a = 10;     b = 12;     hasil = a + b;     cout<<a<<" + "<< b <<" = " << hasil;
     getch() ;     return 0; )

Sedangkan bila menggunakan Python perintahnya adalah:


>>> 10 + 12
22

Dari contoh diatas dapat dilihat dengan jelas bagaimana kemudahan yang diberikan oleh Python. Beberapa kemudahan  lainnya dapat dilihat pada pembahasan selanjutnya.


Kompatibilitas dan kemampuan tingkat tinggi


Bahasa pemrograman Python mempunyai kekuatan serta kemampuan yang diharapkan dari suatu bahasa pemrograman modern. Python mampu menangani pemrograman sederhana hingga pemrograman yang kompleks serta mendukung pemrograman berbasis grafis (GUI Programming). Selain itu kelebihan yang dimiliki oleh Python adalah berupa pengalokasian memori dinamis yang membuat seorang programmer tidak perlu pusing untuk memikirkan manajemen memori pada program yang dibuat.

Python mempunyai kekuatan tersendiri sehingga mampu memikat ratusan bahkan ribuan dari jutaan programmer yang ada di dunia untuk menggunakannya.

Sekian dulu informasi tentang Python dari admin
Terima Kasih.

0 Response to "Pengenalan Bahasa Python Untuk Pemula "

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan profesional dalam menggunakan bahasa.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel